kumpulan artikel

Tips meningkatkan skor toefl

Tips meningkatkan skor toefl


Tips meningkatkan skor toefl dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan reading comprehension

Oh ya  ini adalah pengalaman penulis selama mengikuti TOEFL Preparation di Languange Center  UPI Bandung.
Sedikit tips yang akan membantumu dalam memecahkan skor TOEFL.
Idealnya ketika berusaha untuk menguasai skor toefl, teknik yang digunakan adalah
1. Pelajari konteks bahasa Inggris, jangan hanya kosakatanya saja.
2. Pahami bahwa TOEFL menggunakan jenis bahasa formal yang berbeda dari bahasa keseharian.
3. Kuasai 10 macam kesalahan yang umum dilakukan dalam menggunakan bahasa Inggris baku, misal:
- Keselarasan antara Subyek, kata kerja, dan kata ganti
- Grammar (perhatikan perwaktuan)
- Dangling modifier (modifier rancu, misal: “While running through the woods, the house appearedsuddenly.” Kalimat di atas secara gramatikal menyiratkan bahwa rumah lah yang berlari karena subyek bukan orang!

Namun apabila anda mengalami kesulitan dalam mempelajari poin-poin diatas adakalanya kita mulai dari trik dlm menjawab soal.
Saya hanya akan menjelaskan beberapa tipe soal untuk Reading Comprehension yaitu :
1. Idealnya dalam menjawab pertanyaan yang berasal dari teks yang terdiri dari beberapa paragraf adalah kita harus memahami teks bacaan tersebut sekaligus pertanyaannya pula. Bagi yang paham akan lebih mudah untuk menjawab setiap pertanyaan. Bisa dimulai dari membaca teks lalu soal dan pilihan gandanya. Kalaupun dibalik tidak masalah karena sudah paham.
2. Bagi yang tidak mengerti sama sekali atau hanya beberapa kata saja dalam teks, ada baiknya kita membalikan strategi yaitu dimulai dari membaca soal.
3. Untuk pertanyaan yang berkaitan dengan ide pokok paragraf, kita bisa mendapatkan jawaban dari kalimat awal dan akhir.
4.  Untuk jenis pertanyaan “unstates” dengan ciri-ciri pertanyaan terdapat kata not stated, not mentioned dan except.  Inti pertanyaannya adalah tidak dinyatakan. Cari jawaban dari setiap opsi pilihan ganda. Apabila ditemukan beri penanda pada paragraf. ADan jika ditemukan yang tidak terdapat pada paragraf yakinlag bahwa itu jawaban yang benar.
5. Untuk jenis pertanyaan yang berhubungan dengan kata ganti (pronoun) contoh pertanyaan: The pronoun “they” in line… refers to?” Untuk mencari jawabannya lihat kalimat sebelumnya pada baris yang menunjukkan “they” tersebut. Sekian dulu mudah-mudahan bermanfaat.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 7:05 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment