kumpulan artikel

Sistem Kemudi Mobil Otomatis (autopilot)

Sistem Kemudi Mobil Otomatis (autopilot)



Sistem kemudi otomatis merupakan teknologi yang sedang dikembangkan untuk membantupekerjaan manusia dalam mengendalikan kendaraan atau alat transportasi barang di industri. Untuk mengendalikan jalannya mobil denagn sistem kemudi otomatis ini menggunakan alat pendeteksi (sensor), yang digunakan untuk mendeteksi rintangan yang menghalangi jalannya mobil ini. Informasi yang didapatkan oleh sensor selanjutnya diolah oleh conroller atau biasa disubut dengan ECU (Electric Contrul Unit) menggunakan suatau metode pengendali yang digunakan dalam sistem navigasi mobil sistem kemudi otomatis ini.
Saat ini teknologi sistem kemudi otomatis telah dikembangkan untuk pengendalian alat transportasi bukan hanya di industri tetapi juga secara umum. Automatic Guided Vehicle (AGV) merupakan suatu pengembangan teknologi di bidang mobil robot. AGV dapat berfungsi sebagai alat transportasi yang dapat dikendalikan secara otomatis. Seperti pada pesawat terbang yang menggunakan sistem autopilot untuk mengendalikan arah penerbangan, diharapkan dengan sistem kemudi dan navigasi dapat membantu pengemudi dalammengemudikan mobilya. Dengan demikian dapat membantu pengemudi dan dapat menghindarkan atau meminimalkan jumalah kecelakaan.
Terdapat dua hal pengendalian kendaraan dijalan yaitu kecepatan dan arah. Sedang untuk mengendalikan kendaraan di jalan, hal yang perlu dikendalikan adalah mengendalikan agar kendaraan berada di jalur yang benar di badan jalan dan mengendalikan kendaraan agar berjalan menuju kesuatu tempat yang telah ditentukan
Permasalahan yang ada pada AGV tentunya lebih kompleks dibandingakan dengan mobil robot yang digunakan di indutri. Hal ini karena AGV dipergunakan di jalan raya dengan rintangan yang lebih banyak dan lebih dinamis, juga dengan medan yang lebih bervariasi. Untuk itu sebelum metode navigasi digunakan pada kendaraan nyata, perlu simulasi dari metode yang sudah dirancang apakah sudah sesuai atau masih perlu diperbaiki guna menghindari terjadinya resiko lebih buruk.

Lihat Artikel Lainnya DISINI




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dwi Ristyandi, Published at 6:53 PM and have 1 comments

1 comments:

  1. The advanced technology will probably make all the cars in the future could own way without the help of the driver. Because today
    http://www.suksestoto.com/

    ReplyDelete