kumpulan artikel

Contoh Jurnal Ilmiah

Contoh Jurnal Ilmiah




Buku Karangan: Akbar Zainudin
       I.            ABSTRACT
Kata-kata terkadang memiliki kekuatan dahsyat yang mampu mempengaruhi seseorang dalam menjalankan hidup. Sebuah kata bisa membuat seseorang bersemangat, optimis, dan menjalani hidup dengan penuh harapan akan masa depan. Tetapi, sebuah kata bisa juga menjerumuskan orang pada situasi dimana ia menjadi loyo dan tidak bergairah untuk menghadapi hidup. Karena itulah untuk membangun semangat, seseorang membutuhkan kata-kata, entah dari mana ia dapatkan, yang bisa menjadi sebuah prinsip dan pegangan hidup. Kata-kata itu bisa menjadikan cambuk dan semangat di kehidupan sehari-hari.
Dalam kehidupan sehari-hari, motivasi seseorang akan mengalami pasang surut. Dikala motivasinya sedang tinggi, ia akan sangat bergairah dan bersemangat dalam menghadapi hidup. Tetapi, dikala motivasinya sedang turun, peran kata-kata yang menjadi prinsip hidup akan menjadi sangat penting untuk membangkitkan motivasi dan semangatnya.
Penulis membagi tulisan ini ke dalam tiga bagian besar. Bagian pertama adalah mengenai bagaimana mengubah cara pandang tentang kehidupan agar selalu berada pada pikiran yang positif. Bagian kedua adalah bagaimana Seseorang mengembangkan potensi yang harus dimiliki. Sedangkan bagian ketiga adalah tentang rencana aksi yang perlu dilakukan seseorang dalam mencapai mimpi-mimpinya.

    II.            PEMBAHASAN
Kesuksesan adalah kata yang menjadi harapan bagi semua orang. Hampir setiap orang di dunia ini berbuat sesuatu demi mencapai kesuksesan. Bahkan terkadang seseorang mengorbankan apapun untuk mencapai kesuksesan yang di idam-idamkan.
Setiap orang dalam hidup ini mempunyai berbagai keinginan. Keinginan itu bisa berbetuk mimpi, angan-angan atau cita-cita yang ia bangun dalam pikirannya. Keinginan itu tumbuh seiring dengan pergaulan, pendidikan, dan perkenalan dengan lingkungan yang melingkupinya. Pada perkembangannya, sebagian orang mampu mewujudkan berbagai berbagai keinginan itu, sementara sebagian lain tidak mampu mewujudkan keinginan itu, dan hanya menjadikan keinginan itu sebagai khayalan yang terkadang jauh dari kenyataan. Sukses adalah ketika orang mampu mewujudkan apa yang ia inginkan.
Sukses merupakan suatu pilihan, tergantung dari kita sebgai yang menjalaninya, harus dapat merubah cara pandana, harus optimis, membangun percaya diri, berawal dari mimpi atau angan dan cita, menghindari sikap negative, dan member makna pada hidup jadi apapun yang terjadi pada diri kita tidak semata tanpa makna dan hikmah, jadi setiap apa yang terjadi pada diri kita kita harus dapat memaknai dengan positif. Ketika udah terpenuhi semua antara angan dan pemaknaan hidup yang positif insyaallah apa yang di harapkan akan tercapai.
Mengenal diri, tahap kedua ini tiap insane harus mengenal diri sendiri sebenarnya saya menginginkan apa, mempunyai apa, bagaimana jika saya seperti ini?, berbagai pertanyaan harus ditanyakan pada diri sendiri agar kita mengethui apa yang kita inginkan dan arah yang akan dilalui untuk diri ini. Pertama membuka potensi diri, kemudian pertahankan potensi yang dimiliki lalu dikembangkan, salurkan potensi secara positif, koreksi atau evaluasi diri apa kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya mengetahui keunggulan bersaing terakhir dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai.
  Berkarya, tahap terakhir yaitu mengaplikasikan dari tiap tahap tersebut diatas jangan biarkan arah kehidupan mengalir apa adanya, harus ada pengendali agar teratur dan terarah sesuai dengan tujuan, tanamkanlah kesempatan sering dating hanya sekali, dengan itu kita akan sangat menghargai waktu dan kesempatan agar digunakan dengan baik, tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Menjadi orang yang kretif, jadi pelopor bukan pengekor, membangun jaringan atau kerjasama dengan teman atau instansi lain yang terkait, dan teruslah menjadi pembelajar, tidak aka nada ujungnya dalam belajat dan pasti ada evaluasi yang menentukan kelebihan dan kekurangan kita.
 III.            DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman El’Ashiy, Al-Hikam ibn ‘Athaillah untuk Semua: Menemukan Kesadaran dan Pelita Hidup dari Nasihat Ibn ‘Athaillah,  (Bandung: Hikmah, 2009).
Arvan Pradiansyah, The 7 Laws of Happiness: Tujuh Rahasia Hidup yang Bahagia,(Bandung: Kaifa 2008)
Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan, (Jakarta: Penerbit Arga, 2003).
-------------------------------------------, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ, Emotional Spiritual Quotient. (Jakarta: Penerbit Arga, 2005).
‘Aidh al-Qarny, La Tahzan: Jangan Bersedih, (Jakarta: Qisthi Press, 2005).
Daniel Goleman, Emotional Intelligence, (Jakarta: Gramedia, 1995).
Eko Jalu santoso, The Art of Life Revolution, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004).
Mario Teguh, Becoming a Star (Bandung: Syaamil, 2005).
Muhammad Quraish Shihab, Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan, (Bandung: Penerbit Mizan, 1998).
Parlindungan Marpaung, Fulfilling Life, (Bandung: MQ Publishing, 2007).
Salim Bahreisyi, Terjemah Al-Hikam, (Surabaya: Balai Buku, 1980).
Stephen R. Covey, The 7 Habits of Highly Effective People: 7 kebiasaan Manusia yang Sangat efektif, (Jakarta: Binarupa Aksara, 1997).
-----------------------------, The 8th Habits: Melampaui Efektifitas, Menggapai Keagungan, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006).
Robert T. Kiyosaki bersama Sharon L. Lechter, C.P.A., The Cashflow Quadran,(Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001).
Spencer Jhonson, M.D., Who Moved My Cheese, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2003).





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dwi Ristyandi, Published at 9:48 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment